Rapat Bersama Pimpinan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Sintang – Tenaga Pendidik dan Kependidikan Program Studi PBI hadiri rapat bersama sivitas akademika. Rapat yang dimulai pukul 15.00 WIB di Ruang Rapat STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Dalam kesempatan itu hadir seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi.

Di awal pertemuan, Drs. Rafael Suban Beding, M.Si. selaku Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang menegaskan agar seluruh dosen dan tenaga kependidikan selalu memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan baik secara langsung maupun tidak langsung. Beliau juga meminta seluruh tenaga pendidik untuk memperhatikan hal-hal yangberkaitan dengan peningkatan kualitas seorang tenaga pendidik di perguruan tinggi seperti pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menunjang kenaikan jabatan fungsional. Sebagaiman telah ditetapkan bahwa sejak beberapa waktu terakhir telah diminta kepa seluruh perguruan tinggi agar memiliki Tim khusus yang menelaah dokumen pengajuan jabatan fungsional seorang tenaga pendidik di perguruan tinggi, khususnya STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Tim tersebut terdiri dari berbagai unsur yang ada perguruan tinggi. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Didin S., SP., M.Si, selaku Wakil Ketua Bidang Non-Akademik.

Perguruan Tinggi sebagai bagian dari wadah kelompok masyarakat ilmiah wajib memberikan sumbangan positif bagi masyarakat di sekitarnya. Untuk itu, Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd. menegaskan agar para dosen selain melaksanakan tugas sebagai pendidik di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang juga wajib meningkatkan kualitas dan kuantitas dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dimana dalam pelaksanaanya sebaiknya melibatkan berbagai pihak. Secara khusus untuk memberikan dukungan kepada para pendidik di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah yang memiliki masalah dalam penyusunan dan penerbitan karya ilmiah yang mereka miliki.

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang saat ini pada usia kurang lebih 12 tahun berada pada peringkat 419 dari 3.244 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia sebagaimana dapat diketahui dari website resmi Pemeringkatan Perguruan Tinggi. Ketua Sekolah Tinggi meminta seluruh dosen agar lebih aktif dari melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Sebab saat ini persentase jumlah dosen ayng telah memiliki sertifikasi dan gelas akademik semakin meningkat. Dengan demikian sudah tidak diragukan kemampuan dosen yang bersangkutan, didukung dengan jumlah jurnal yang dimiliki saat ini yang terdiri dari enam jurnal penelitian dan satu jurnal pengabdian kepada masyarakat. Sehingga diharapkan dapat membantu para guru yang mengabdi di tingkat dasar dan menengah dalam menerbitkan karya tulis ilmiah yang mereka miliki. Dalam kesempatan lain, sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di sektor timur Kalimantan Barat dapat memberikan kesempatan kepada para guru dalam penyelenggaraan Seminar/Workshop bersama dosen sebagai wadah bagi mereka untuk menyeminarkan hasil penelitian atau karya ilmiah yang mereka miliki.