Studium Generale

Prof. Dr. Ambigapathy Pandian

Sintang – Untuk meningkatkan kualitas suasana akademik di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang maka program studi Pendidikan bahasa Inggris mengadakan Studium Generale yang dihadiri oleh dua pembicara dari Malaysia yaitu Prof. Dr. Ambigapathy Pandian (Language and Education: Confronting Change) dan Prof. Madya Dr. Norazuna Norahim (Language Endangerment Scenario in Sarawak).  Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka mewujudkan perjanjian kerjasama antara STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dengan Universiti Malaysia Sarawak dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga ada kesempatan bagi kedua pihak untuk saling berkunjung untuk melakukan kegiatan ilmiah di perguruan tinggi baik itu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian bersama sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh lembaga terkait di masing-masing negara.

Studium Generale ini dihadiri oleh sivitas akademika di STKIP Persada Khatulistiwa, perwakilan dinas terkait di Kabupaten, guru dan perwakilan siswa dari SMA/SMK di kota Sintang dan sekitarnya. Dalam kesempatan ini, dimana bahan kuliah umum sangat nyata kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang dijalani yaitu dalam proses pelestarian bahasa yang digunakan oleh setiap orang. Sebagaimana diketahui bahwa sebagai sebuah negara yang luas dengan ribuan pulau dan berbagai jenis suku, budaya dan bahasa. Indonesia tidak terlepas dari masalah yaitu beberapa bahasa mulai berkurang penggunaannya karena berbagai faktor, hal ini juga terjadi di Malaysia bahkan di belahan bumi yang lain. Terkait dengan proses pengajaran bahasa, salah satunya yaitu bahasa Inggris yang digunakan secara global sebagai alat komunikasi dengan orang-orang yang berasal dari berbagai negara. Dalam proses pengajaran bahasa, perlu juga mengingatkan bahwa bahasa ibu perlu dilestarikan diimbangi dengan penguasaan bahasa asing sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk mempermudah hubungan dengan orang-orang yang berbeda bahasa.

Dalam kegiatanyang berlangsung pada tanggal 17 April 2018 ini juga dilakukan peluncuran buku karya para dosen dan mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang diterbitkan oleh LBBK (Lembaga Bahasa dan Budaya Kalimantan) dan Penerbit STKIP Persada Khatulistiwa. Buku-buku karya para dosen, diharapkan dapat menambah referensi bagi para pendidik sekalgus sebagai bentuk kontribusi para dosen bagi dunia pendidikan. Sementara buku-buku karya para mahasiswa masih pada tataran karya sastra yang terdiri dari buku-buku cerita dan novel yang diharapkan dapat menjadi pemicu semangat para mahasiswa untuk terus melahirkan karya-karya melalui tulisan dan sebagai pendorong bagi mahasiswa lain yang belum atau akan mulai menerbitkan karyanya pada kesempatan lain.

Setelah kuliah umum di Auditorium HA Edy Riberu berlangsung kurang lebih 4 jam tersebut, program studi Pendidikan Bahasa Inggris memberikan kesempatan kepada peserta didik di Prodi PBI untuk berkomunikasi secara langsung dengan dosen tamu. Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh pengelola program studi untuk meningkatkan motivasi bagi mahasiswa/mahasiswi dalam mempelajari Bahasa Inggris. Melalui kuliah tamu ini, mereka akan memiliki pengalaman belajar dengan orang dari latar belakang budaya, bahasa dan bangsa berbeda. Sehingga mereka akan memahami pentingnya Cross Culture Understanding dalam pergaulan masa kini, khususnya pada era Masyarakat Ekonomi Asean (AEC). (HE)