PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT "SEMINAR DAN PELATIHAN"

By 14 Jun 2017, 10:51:28 WIB
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT "SEMINAR DAN PELATIHAN"

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017 di Kabupaten Sekadau oleh Dosen Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang bersama Mahasiswa Pendidikan Biologi dengan bentuk kegiatan berupa Seminar dengan tema “Peran Pendidikan Dalam Membangun Daerah Tertinggal” dan Pelatihan tentang “Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Organik Cair (POC)” bertujuan untuk: 1) memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan kontribusi untuk membangun daerah tertinggal, 2) pengenalan pupuk kompos dan pupuk organik cair berbahan dasar limbah organik 3) manfaat pupuk kompos dan pupuk organik cair berbahan dasar limbah organik bagi pertanian, 4) simulasi sederhana pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair kepada peserta pelatihan.

Seminar dan Pelatihan diikuti oleh guru-guru SMA dan SMK di Kabupaten Sekadau, Siswa, dan Mahasiswa. Kegiatan seminar dimulai pukul 08.30-12.00 WIB. Kegiatan pelatihan dimulai pukul 15.00-17.00 WIB dengan diawali pemamparan materi secara singkat, kemudian simulasi tentang pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair berbahan dasar limbah organik.

Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi, peserta seminar dan pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan mulai awal sampai akhir, tidak ada yang meninggalkan tempat. Mereka pada dasarnya sudah memahami tentang pendidikan maupun pupuk kompos dan pupuk organik cair, hanya saja belum dilakukan secara optimal berkaitan dengan pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, peserta pelatihan yang hadir berjanji akan menularkan dan menerapkan hasil pelatihan kepada orang-orang dalam lingkungan kerja mereka. Para peserta berharap agar kegiatan serupa dapat diteruskan melalui program yang sama pada kesempatan yang berbeda. Hal ini tampak d